Saturday, May 19, 2018

TIPS MERAWAT CIPOH LOLOHAN



MERAWAT CIPOH LOLOHAN













Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips merawat cipoh lolohan, supaya lolohan/piyikan dapat hidup dan ketika dewasa nanti sesuai dengan apa yang diharapkan. ada empat point penting yang akan saya bahas, yaitu :



1. SUHU

- penting diperhatikan, terutama piyik yang masih bulu jarum dan bulu belum lengkap sempurna sebaiknya diletakan dekat lampu bohlam 5 watt jarak kira - kira 30-50cm dengan lampu suhu rata2 sekitar 35-37 derajat celcius jika punya uang lebih beli thermometer di apotek banyak dijual jika tidak punya thermometer cukup dikira - kira saja. Karena melihat cuaca sedang tidak menentu sebaiknya piyikan taruh di dalam rumah sampai bulu tumbuh full sempurna dan lampu bohlam sudah bisa dilepas.



2. PAKAN

- Perlu kita ketahui sistem pencernaan piyikan masih belum maksimal dalam mencerna makanan maka dari itu berilah pakan yang lembut, tinggi protein, dan lemak beri juga minyak ikan karna asam amino yg terkandung didalamnya merangsang pertumbuhan bulu dan mencerdaskan otak agar mudah menerima pelajaran disekolah :D :D :D masteran maksud saya. Formula pakan bisa kroto+voer halus basah, atau tepung jangkrik+tepung kroto, atau perut jangkrik saja sampai dewasa. Tergantung CipMan mau pilih yang mana. Berilah multi vitamin agar piyik cipoh selalu sehat dan terhindar dari bakteri dan virus.



3. PENJEMURAN PAGI

- Perlu kita ketahui penjemuran terutama saat pagi penting dilakukan agar tulang piyikan kuat, disamping itu matahari pagi juga berfungsi melatih pernafasan piyikan karena paru - paru burung piyik masih rentan, penawar infeksi serta pembunuh bakteri.

4. PEMASTERAN

- Untuk mencetak cipoh dewasa dengan materi lagu sesuai keinginan CipMan maka dari itu pemasteran wajib dilakukan baik dengan media elektronik atau burung aslinya. Saran Kami mengingat kemampuan cipoh yang tidak bisa menangkap banyak suara burung seperti halnya kacer, murai dll. Maka, isilah materi cipoh dengan 1 lagu tembakan ( ciblek/prenjak, dll) dan 1 lagu plong ( anis, kacer dll ) karena lebih realistis masuk ketimbang variasi lagu yang berdurasi panjang sekaligus. Pemasteran sangat penting agar burung rajin ngeriwik saat memasuki usia 1 bulan keatas.


Demikianlah 4 poin diatas sebagai garis besar cara merawat cipoh lolohan sebagai acuan untruk cipoh mania pemula dalam memelihara cipoh lolohan.


sekian semoga bermanfaat :)




No comments:

Post a Comment